Senin, 12 Januari 2009

Wushu Milik Dunia

Pada masa dahulu dan juga sekarang masih sering kita dengar kata KUNGFU dan sedikit sekali yang mengatakan WUSHU. Sampai saat ini masih terlihat maupun terdengar baik melalui Televisi maupun Film kata KUNGFU.

Sebetulnya kata kungfu artinya keahlian.

WUSHU mempunyai corak / karakter sehingga membedakannya dengan Beladiri lain seperti KARATE, BOXING, YUDO, dan Ilmu Beladiri lainnya.

Sekarang kita berlatih WUSHU melalui gaya CANG QUAN, NAN QUAN, TAIJI QUAN, GOLOK, PEDANG, TOYA, dan TOMBAK.

WUSHU berarti ilmu beladiri dan ilmu perang zaman dahulu dari Tiongkok. Dan bukan KUO SHU ( Ilmu Beladiri dari tempat selain Tiongkok ).

WUSHU mempunyai sejarah cukup panjang dengan mengikuti zaman dan keperluannya.kehadiran WUSHU berkaitan dengan jalannya sejarah perkembangan Olahraga.

TUJUH PERMAINAN dalam OLAHRAGA WUSHU

Dalam cabang Wushu, ada 7 jurus utama, namun setiap jurus masih dikembangkan dengan berbagai gerakan.

Jurus Tangan Kosong

Taiji Quan, 42 jurus: Merupakan petikan dari gerakan tradisional tanpa mengubah karakternya. Gerakan Yang menjadi dasar, sedangkan Chen, Wu serta Sun sebagai pelengkap. Gerakan ini dimaksudkan untuk mempermudah atlet dalam mempergerakkannya yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Chang Quan, 62 jurus: Dirangkai dari jurus tradisional Cha Quan, Hoa Quan, Huang Quan dan Sau Lim Quan yang memiliki karakter menyerang. Gayanya dan langkahnya gagah, mantap serta loncatannya tinggi. Di sini faktor kesulitan cukup tinggi.

Nan Quan 65 jurus: Pukulannya pendek-pendek, bertenaga dan kuda-kudanya kuat. Gerakan kaki bersilang dengan loncatan yang hanya sedikit. Gaya ini banyak meniru gaya kera, harimau, elang, bangau sampai kelabang.

Jurus Senjata Panjang

Tombak: Gerakan tombak seperti ular berenang di atas air, berputar-putar dan mematuk ke depan, kiri kanan dan bawah. Segala gerakan ini dipakai untuk menangkis,membanting, membabat lawan.

Toya: Panjang toya setinggi sipemakai plus 10 cm terbuat dari rotan atau kayu lilin yang lentur. Karakter gerakannya cepat, beruntun, ganas dan bertenaga. Toya dipakai untuk membabat, memotong, melingkari tubuh dan berputar seperti baling-baling.

Jurus Senjata Pendek

Golok: Golok sebelah tajam, dan sebelahnya tumpul, Maka,belahan yang tumpul bisa berputar-putar di sekitar leher, ketiak dan pundak. Karakter Khusus gerakan golok ini bertenaga, galak, menusuk serta bergerak dengan lincah dan hidup. Sesekali suara golok mendesis menambah wibawa gerakan yang dilakukan.

Pedang: Kedua belah pedang tajam dan ringan. Gerakan menekan teknik menyerang dan membela, namun tetap indah dan berwibawa. Dibutuhkan kegesitan dan kelincahan tubuh untuk menutupi kekurangannya dalam membela diri.

WUSHU dari TAHUN ke TAHUN

1986

International Wushu Federation didirikan di Xian, Cina dengan dihadiri wakil dari 16 negara. Eropa menyusul membentuk European Wushu Federation.

1986

Terbentuk persatuan-persatuan wushu di banyak Negara di Asia, Amerika latin, dan Afrika.

1987

Untuk pertama kalinya diselenggarakan perlombaan wushu se-Asia di Yokohama, Jepang. Indonesia meraih gelar ‘Penampilan Terbaik’ dalam ekshibisi lewat nomor Taiji Kipas (bagian dari wushu tradisional).

1988

Kata ‘Wushu’ tertulis dalam berita rapat Olympic Council of Asia (OCA). Dan wushu ditetapkan sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan dalam Asian Games XI Beijing.

Tahun ini juga Festival Wushu pertama diselenggarakan di Hang Chiu, Cina dengan semboyan ‘Wushu Milik Dunia’. Indonesia meraih perunggu dalam Taiji Quan 48 jurus yang dipersingkat. Sedangkan medali ‘Penampilan Terbaik’ diperoleh dari Taiji Quan Berpasangan.

1989

Kejuaraan Asia ke-2 di Hongkong. Dalam arena ini telah diberlakukan nomor wajib. Indonesia berhasil ke perempat-final lewat Taiji Quan 42 jurus wajib. Gelar penampilan terbaik diperoleh lagi dalam nomor ekshibisi.

1991

Wushu dipertandingkan dalam SEA Games Manila untuk memperebutkan 4 set medali. Indonesia belum dapat mengikuti materi yang dipertandingkan.

1993

Dalam SEA Games XVII Singapura, nilai rata-rata para atlet Indonesia sudah mencapai di atas 9. Meski masih sulit memperoleh medali, tetapi sudah cukup memuaskan, bila mengingat lamanya latihan yang hanya 6 bulan.

Indonesia gemilang di kejuaraan Dunia Kuala Lumpur. Eko Sapuan dan Zaenab masing-masing masuk lima besar dunia Sedangkan Ria Oktariana memperoleh penghargaan khusus sebagai Atlet Harapan.

Dimana anda dapat mengikuti latihan WUSHU di kota anda ??.

SASANA WUSHU INDONESIA

GARUDA MELATI PUTIH

DHARMAJAYA PALEMBANG.

d/a. YPSO DHARMAJAYA

JL. BAY SALIM 5770 - PALEMBANG

Daftar Alamat Pengcab Wushu Indonesia se Sumatera Selatan

1. Pengcab Wushu Pagar Alam.

Gg. Harmonis Rt.3 No.197. Kelurahan Sidorejo-Pagar Alam.

Telp. (0730) 623479- fax. d/a. Koni (0730) 623345

2. Pengcab Wushu Kab. Muara Enim.

d/a. Gustami Janas. Rindam II Sriwijaya. Ds. Karang Raja- Muara Enim.

3. Pengcab Wushu Kota Palembang.

4. Pengcab Wushu Kab. OKU.

d/a. Sihdwi Atmono Estrianto. Kp. 1 Muda Sentosa- Buay Madang OKU-Sumatera Selatan 32161

5. Pengcab Wushu Kab. MURA.

d/a. Vaseline Djurauovik.

Jln. Jend Sudirman No. 106 telp. (0733) 321092. Lubuk Linggau 31611

6. Pengcab Wushu Kab. MUBA.

d/a. Mey Susanto Ajudan Sekda Kab. MUBA. Kantor Bupati Kab. MUBA.

Telp/ fax (0714) 321363.

Jln. Kol. Wahid Udin. Sekayu.

7. Pengcab Wushu Kab. OKI.

d/a. IR. H. Nuchrodi Achmad, MM. Dinas Pekerjaan Umum Kab. OKI. Kayuagung.

3 komentar:

  1. hallo pak say piye kabare
    iki aku edi muridmu belajar wusyu biyen neng garuda melaty putih mudo sentoso buay madang
    nuwun

    BalasHapus
  2. ALamatnya bay salim di kemuning apa di borang ?tolong bales ya min pngen blajar nih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus